Rabu, 23 November 2016

Training Digital Marketing di Pekanbaru

  CARA MENEMUKAN PRODUK YANG AKAN DIJUAL
 
Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana  cara menemukan produk yang akan dijual.

Oke, pada tulisan saya kali ini akan saya bahas sedikit lebih mendalam mengenai cara menemukan produk yang akan dijual.

 Pertama yang harus anda lakukan adalah Me-Riset Produk.


 

Pentingnya Riset Produk Sebelum Berjualan Online

Apa jadinya jika anda berjualan tanpa melakukan riset produk terlebih dahulu?
Mungkin produk anda tidak akan laris dipasaran alias tidak laku.
Nah, riset produk ini sangat penting sekali untuk dilakukan, tujuannya untuk mencari tahu apakah produk yang akan anda pasarkan nantinya akan laris dipasaran atau tidak.
Jangan sampai waktu dan tenaga anda habis hanya untuk memasarkan produk yang tidak laku.

Ada banyak cara untuk melakukan riset produk namun pada kali ini saya ingin membagikan tiga cara riset produk yang laris dipasaran.

1. Riset Produk Melalui Google Trends

Cara yang pertama adalah riset produk melalui Googel Trend.

Oke, langsung saja kita praktikan caranya.
 





1. Silahkan teman-teman buka Google Trends






2. Silahkan isi kotak pencarian Jelajahi Topik dengan kata kunci produk. Misalkan   teman-teman ingin berjualan produk kecantikan seperti penghilang jerawat, maka silahkan isi kotak pencarian dengan kata kunci “cara menghilangkan jerawat".





 3. Setelah itu akan muncul grafik dari kata kunci "Cara menghilangkan jerawat".




 
4. Kemudian yang harus teman-teman lakukan adalah dengan merubah lokasi dan waktu  pencarian sesuai dengan kebutuhan teman-teman.


  5. Silahkan teman-teman amati grafik yang ada. Jika grafiknya menunjukan peningkatan/naik maka produk tersebut sedang banyak dicari, karena banyak yang mencari berarti produk tersebut sedang laris di pasaran. Teman-teman bisa menjual produk tersebut.

Jika grafiknya menunjukkan penurunan seperti gambar diatas, maka bisa diasumsikan produk “penghilang jerawat” sedang meningkat peminatnya.


6. Selain grafik, anda juga bisa melihat minat kawasan. Di dalam minat kawasan ini anda bisa melihat kota/daerah mana saja yang paling banyak menggunakan kata kunci tersebut.

Data ini bisa anda jadikan sebagai target pasar yang akan anda bidik nantinya.








7. Google Trends adalah tools yang dapat membantu anda untuk meriset melakukan riset kecil-kecilan Tools ini juga sangat mudah digunakan dan semakin seraing teman-teman menggunakan tools ini, maka teman-teman akan semakin terbiasa.

2. Melihat Produk Terlaris di Marketplace

 Mencari produk terlaris di marketplace menjadi cara yang ampuh untuk mengetahui produk apa saja yang sedang laku.
Ada banyak marketplace yang bisa anda gunakan untuk mencari tahu produk yang sedang laris seperti Tokopedia,
Bukalapak, Lazada, Ebay, Amazon dan lain-lain.




 

 

3. Lihat dan Perhatikan Iklan di Koran

 

Dalam beberapa blog yang saya baca mengenai Toko Online, ada yang menyarankan untuk memperhatikan iklan di koran, jika ada iklan yang muncul terus disetiap edisi berarti produk yang sedang diiklankan sedang banyak peminatnya. Simpel kan.

Misalkan ketika anda membaca sebuah koran, pada halaman iklan barisnya anda perhatikan setiap iklan yang ada. Biasanya banyak yang mengiklankan obat kuat dan sejenisnya.
Nah, jika anda perhatikan terus di setiap edisi koran dan iklan produk tersebut masih tetap nongol alias muncul. berarti produk tersebut adalah produk yang laku dipasaran.
Setelah mengetahui bahwa produk tersebut laris di pasaran, maka yang harus teman-teman lakukan adalah mencari tahu tentang produk tersebut dan mencari suppliernya.
Jika sudah ketemu suppliernya maka sudah saatnya untuk anda jualan online.

3 Jenis produk yang selalu laris

 Ada 3  jenis produk yang akan selalu laris di pasaran sampai kapanpun. 3 Produk ini sangat cocok bagi anda yang baru ingin memulai jualan online.

3 Jenis Produk itu adalah :

1. Produk yang Menjadi Solusi

Produk yang menjadi solusi ini adalah jenis-jenis produk yang menjadi solusi dari masalah yang di hadapi customer.

Seperti misalnya, ada orang yang memiliki masalah yaitu tumbuh banyak jerawat di wajahnya. ini masalahnya yaitu JERAWAT.

Berapa banyak orang yang memiliki jerawat jawabannya BANYAAK. Sampe sini udah kebayangkan mau jualan apa.

Yap, kita jualan obat penghilang jerawat sebagai solusi dari masalah orang yang memiliki jerawat.

Obat penghilang jerawat adalah salah satu dari sekian banyaknya produk-produk yang menjadi solusi dari setiap masalah yang dimiliki orang-orang.

Jenis produk-produk semacam ini ada banyak sekali seperti: obat pelangsing, sampo anti rontok, kacamata anti mines, peninggi badan, dan masih banyak lagi, silahkan teman-teman cari tahu sendiri.


2. Produk Passion/Hobi

Produk yang selalu laku sepanjang jaman selanjutnya adalah produk-produk hobi seperti aksesoris hape dengan tema Doraemon.

Nah, orang-orang yang menyukai doraemon pasti akan tertarik dan membeli produk aksesoris tersebut atau bahkan sampai mengoleksinya.

Selain itu juga seperti alat-alat pancing. Selama masih ada air dimuka bumi ini dan kalo ada air pasti ada ikannya, kalau udah ada ikan pasti ada aja orang yang mancing.

Nah, anda bisa menjual alat-alat pancing karena banyak sekali orang yang memiliki hobi memancing. Jadi kesimpulannya produk-produk seperti ini tidak akan pernah mati.
 

3. Produk yang sedang NgeTrend

Yang terakhir adalah produk yang sedang NgeTrend. apa saja sih produk-produk yang sedang NgeTrend? silahkan teman-teman cari tahu produk apa saja yang sedang trend melalui cara riset produk diatas.

Misalkan produk yang sedang trend saat ini adalah baju tanpa lubang (waduh gimana makanya hehe..) anda bisa menjual produk baju tanpa lubang tersebut karena sedang menjadi trend dan yang pasti banyak pembelinya. Misalkan loh ya.

Tapi, biasanya produk yang sedang NgeTrend ini selalu berubah-ubah karena trend ngga bisa konsisten makanya teman-teman dituntut untuk selalu mengikuti Trend terbaru.

Nah, itu dia 3 jenis produk yang selalu laris dipasaran. Ngga Percaya? Coba deh jual dari salah satu jenis produk di atas.

Jika tidak laku bagaimana? Jika tidak laku mungkin bukan salah dari produknya tapi dari anda-lah yang belum benar cara menjualnya.



Oke, mungkin itu saja yang bisa saya bagikan, jadi cara mencari produk yang laris itu sederhana sekali jika kita tahu caranya.

Semoga penjelasan mengenai cara mencari produk laris melalui google trend, dan koran. Bisa membantu an untuk mencari produk yang bagus untuk memulai jualan online 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar